RESUME
MEDIA PEMBELAJARAN
Karya :
PROF. DR. AZHAR ARSYAD , M. A.
KATA PENGANTAR
Assalamu Alaikum Wr. Wb.
Puji syukur Al Hamdulillah kami panjatkan kehadirat allah SWT. Atas seluruh anugrah dan nikmat yang di berikannya dan atas rahmatnya jualah kami dapat menyelesaikan, RESUME MEDIA PEMBELAJARAN Karya, PROF. DR. AZHAR ARSYAD, M. A. dalam rangka memenihi tugas media pembelajaran P A I.
Salawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad S A W. rasul yang terahir yang telah membawa kita dari alam jahiliyah menuju alam ilmiyah yang penuh barakah ini.
Penulisan resume ini tidak terlepas dari jasa, dukungan dan bantuan dari berbagai pihak oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih atas segala partisipasinya dalam penyusunan resume ini semoga allah membalasnya dengan balasan yang setimpal dan kami berharap semoga resume ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan memiliki nilai kontribusi bagi para pembaca dalam mempelajari media pembelajaran .
Billahitaufiq Wal -hidayah
Assalamu alaikum Wr. Wb.
I . PENGERTIAN MEDIA
A. Pendahuluan
B. Pengertian Media
Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti “tengah , “ perantara’, atau ‘ pengantar dalam bahasa arab media berarti perantara. Atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan . gerlach & Ely ( 1971) mengatakan bahwa mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia , materi , atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan , keterampulan , atau sikap ,Dalam pengertian ini guru , buku teks, dan lingkungan sekolah merupakan media. Secara lebih khusus , pengertian media dalam proses belajar mengajar cenderung diartikan sebagai alat – alat grafis , fhotografis , atau elektrones untuk menangkap , memperoses , dan menyusun kembali informasi visual atau verbal.
Adapun pengertian media menurut sebagian para ahli diantaranya :
1). Fleming ( 1987: 234) beliau mengartikan media adalah penyebab atau alat yang turut campur tangan dalam dua pihak dan mendamaikannya.
2). Heinich , dan kawan – kawannya mengemukakan Istilah medium sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber dan penerima . jadi seperti telivisi , foto , radio , rekaman audio , gambar yang diproyeksikan , bahan – bahan cetakan dan sejenisnya . adalh media komoni kasi
3). Hamijojo dalam latuheru ( 1993) memberi batasan media sebagai semua bentuk perantara yang di gunakan oleh manusia untiuk menyampaikan atau menyampaikan ide, , gagasan atau pendapat. Sehingga ide , gagasan dan pendapat itu sampai kepada penerima yang dituju.
Secara implisit Gagne dadn Briggs ( 1975) mengatakan bahwa media pembelajaran meliputi alat yang secara fisik digunkan untuk menyampaikan isi materi pengajaran , yang terdiri antara lain buku , tape recorde, kaset video camera , vodio recorder, film slide ( gambar bingkai ) , Foto gambar , grafik , telivisi dan computer . Dengan kata lain , Media adalah komponen sumber belajar atau wahan fisik yang mengandung materi instruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. ,
C. Landasan Teoritis Penggunaan Media Pendidikan
Pemerolehan pengetahuan dan keterampilan ,perubahan –perubahan sikap dan perilaku dapat terjadi karena interaksi antara pengalaman baru dangan pengalaman yang pernah dialami sebelumnya . menurut bruner (1966:10-11 ) ada tiga tingkatan utama modus belajar , yaitu pengalaman langsung (enactive ), pengalaman pictorial /gambar (iconic )dan pengalaman abstrak (symbolic ), ketiga tingkat pengalaman ini saling berinteraksi dalam upaya memperoleh pengalaman , (pengetahuan , keterampiln atau sikap ) yang baru.
D. Ciri – Ciri Media Pendidikan
a. Ciri fiksatif
Cirri ini mengambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu peristiwa atau objek .sehingga dengan ciri fiksatif ini media memungkinkan suatu rekaman kejadian atau objek yang terjadi pada suatu waktu tertentu ditransportasikan
b. Ciri Manipulatif
Transformasi suatu kejadian atau objek dimungkinkan karena media memiliki cirri manipulatif .kejadian yang memakan waktu berhari- hari dapat disajikan kepada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan tehnik pengambilan gambar time- lapse recording . misalnya bagaimana proses larva menjadi kepongpong kemudian menjadi kupu- kupu dapat dipercepat dengan tehnik rekaman fotografi tersebut .
c. Ciri Distributif
Cirri distributive dari media memungkinkan suatu objek atau kejadian ditransportasikan melalui ruang ,dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswadengan stimulus pengalaman yang relative sama mengenai kejadian itu.
II
II. FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA PENDIDIKAN
Salah satu fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat Bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi dan lingkungan belajar yang ditata dan diciptakan oleh guru.
Hamalik (1986 )mengemukakan bahwa poemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitrkan keinginan dan minat yang baru membangkitkan motifasi dan rangsangan kegiatan belajar , dan bahkan membawa pengaruh- pengaruh psikologis terhadap siswa.
Levie dan lentz (1982)mengemukakan empat fungsi media pembelajaran , khususnya media visual yaitu
a. Fungsi atensi
Yaitu Menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan ma’na visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran.
b. Fungsi afektif
Media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar ( atau membaca) teks yang bergambar .
c. Fingsi kgnitif
Media fisual terlihat dari temuan- temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambang visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkqandung dalam gambar.
d. Funfsi kompensatoris
Media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.
Media pembel;ajaran menurut kempdan
Encyclopedia of educational research dalam hamalik (1994:15) merincikan mamfaat media pendidikan sebagai berikut :
a. Meletakkan dasar yang kongkret untuk berpikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme.
b. Meoerbesar perhatian siswa.
c. Meletakkan dasar- dasar yang penting untuk perkembangan belajar , oleh karena itu membuat pelajaran lebih mantab.
d. Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri dikalangan siswa.
e. Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan konnyu, terutama melalui gambar hidup.
f. Membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa.
g. Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain ,dan membantu efisiensi dan keragaman yang lebih banyak dalam belajar.
III
III. PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
Media pembelajaran merupakan komponen instruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Dalam perkembangannya media pembelajaran mengikuti perkembangan tehnologi. Berdasarkan perkembangan tehnologi tersebut media pembelajaran dikelompokkan kedalam empat kelompok;
(1) media hasil tehnologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi , seperti buku, foto, grafik. Tehnologi cetak mempunyai cirri-ciri sebagai berikut;
a. Teks dibaca secara linear ,sedangkan visual diamati berdasarkan ruang;
b. Baik teks maupun visual menampilkan komunikasi satu arah dan reseptif;
c. Teks dan visual ditampilkan statis (diam );
d. Pengembangannya sangat tergantung kepada prinsip-prinsip kebahasaan dan persepsi visual;
e. Baik teks maupun visual beorientasi (berpusat ) pada siswa;
f. Informasi dapat diatur kembali atau didata ulang oleh pemakai.
(2) media hasil tehnologi audio visual adalah cara menghasilkan atau menympaikan materi dengan menggunakan mesin- mesin mekanis dan elektronik untuk menyajikan pesan-pesan audio dan visual. Sedangkan ciri- cirri utama tehnologi media audio visual adalah sbb.;
Mereka biasanya bersifat linear;
Mereka biasanya menyajikan visual yang dinamis;
Merka digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/ pembuatnya;
Mereka merupakan repsentasi fisik dari gagasan rial atau gagasan abstrak;
Mereka dikembangkan menurut prinsip psikologis behaviorisme dan kognitif;
Umumnya mereka berorientasi kepada guru dengan tingkat pelibatan interaktif murit yang rendah
(3) media hasil tehnologi yang berdasarkan computer adalah merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber- sumber yang berbasis mikro –prosesor.(dalam media ini materi/informasi disimpan dalam bentuk digital bukan cetak atau visual ) adapun beberapa cirri media yang dihasilakan tehnologi berbasis computer (baik perangkat keras atau lunak ) adalah sbb.;
Ø Mereka dapat digunakan secara acak,non sekwensial, atau secara linear;
Ø Mereka dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkan keinginan perancang /pengembang sebagai mana di rencanakannya;
Ø Biasanya gagasan –gaaagasan yang disa jikan dalam
Ø Pembelajaran dapat berorientasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi.
(4) media hasil gabungan tehnologi cetak dan computer.adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan oleh computer.adapun beberapa cirri utama tehnologi berbasis computer adalah sebagai berikut;
Þ Ia dapat digunakan secara acak, sekuensial, secara linear;
Þ Ia dapat digunakan sesuai dengan keinginan siswa, bukan hanya dengan cara yang direcanakan dan dirancang oleh perancangnya;
Þ Gagasan –gagasan sering disajikan secara realistic dalam konteks pengalaman siswa ,menurut apa ,yang relefan dengan siswa ,dan dibawah pengendalian siwa;
Þ Prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan pelajaran;
Þ Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikusai jika pelajaran itu ndigunakan;
Þ Bahan –bahan pelajaran melibatkan banyak interaktifitas siswa;
Þ Bahan –bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber.
IV
IV. PEMILIHAN MEDIA
Pada tingkat yang menyeluruh dan umum pemilihan media dapat dilakukan dengan mempertimbangkan factor- factor berikut:
1. hambatan pengembangan dan pembelajaran yang meliputi fakto- factor dana, fasilitas dan peralatan yang telah tersedia, waktu yang tersedia (waktu mengajar dan pengembangan materi dan media ), sumber –sumber yang tersedia (manusia dam material );
2. persyaratan isi, tugas dan jenis pembelajaran.isi pelajaran beragam dari sisi tugas yang ingin dilakukan siswa, misalnya penghafalan , penerapan keterampilan atau penalaran dan pemikiran tingkatan yang lebih tinggi. Setiap katagori pembelajaran itu menuntut perilaku yang berbeda –beda dan dengan demikian akan memerlukan tehnik dan media penyajian yang berbeda pula;
3. hambatan dari sisi siswa dengan mempertimbangkan kemampuan dan keterampilan awal, sepertimembaca , mengetik dan menggunakan computer, dan karakteristik siswa lainnya.
4. pertimbangan lainnya adalah tingkat kesenangan (preferensi lembaga, guru,dan pelajar) dan keefektifan biaya;
5. pemilihan media sebaiknya mempertimbangkan pula :
o kemampuan mengakomodasikan penyajian stimulus yang tepat (visual dan /atau audio )
o kemampuan mengakomodasikan respons siswa yang tepat (tertulis ,audio, dan/atau kegiatan fisik) ;
o kemampuan mengakomodasikan umpan balik
o pemilihan media utama dan media sekunder untuk penyajian informasi atau stimulus, dan untuk latihan dan tes (sebaiknya latihan dan tes menggunakan media yang sama )misalmya untuk tujuan belajar yang melibatkan penghafalan.
6. media sekunder harus mendapat perhatian karena pembelajaran yang berhasil menggunakan media yang beragam . dengan menggunakan media yang beragam ,siswa memiliki kesempatan untuk menghubungkan dan berinteraksi dengan media yang paling efektif sesuai dengan kebutuhan mereka secara perorangan .
V
V PENGGUNAAN MEDIA
A. Media berbasis manusia
Media berbasis manusia mengajukan dua tehnik yang efektif ,yaitu rancangan yang berpusat pada masalah dan bertanya ala Socrates .rancangan pembelajaran yang berpusatmpada masalah di bangun berdasarkan masalah yang harus dipecahkan oleh pelajar . langkah –langkag rancangan jenis pembelajaran ini sbb.;
1. merumuskan masalah yang relefan
2. mengidentifikasi pengetahuan dan keterampilan yang terkait untuk memecahkan masalah .gunakan buku teks dan ceramah sebagai suber untuk menyajikan pengetahuan ;
3. ajarkan mengapa pengetahuan itu penting dan bagai mana pengetahuan itu dapat diterapkan untuk memecahkan masalah ;
4. tuntun eksplorasi siswa .sebagai seorang instuktur untuk pelajaran pemecahan masalah perannya adalah ;
a. membiarkan eksplorasi siswa tak terintangi ,partisipati aktif dan bertanya ;
b. membantu siswa dalam menghubungkan pengetahuan baru danyang terdahulu
c. membantu siswa membentuk dan menginternalisasi representasi masalah atau tugas ;
d. membantu siswa mengidentifikasi persamaan antara masalah baru dan pengalaman yang lalu yang berisikan masalah yang serupa . jaga agar pada awalnya analogi ini sangat sederhana ;
e. berikan umpan balik mengenai benar atau salhnya jalan pikiran dan jalur pemecahan masalah;
f. gunakan representasi grafik masalah itu yang dihubungkan dengan uraaian masalah verbal .
5. kembangkan masalah dalam konstek yang beragam dengan tahapan tingkat kerumitan ;
6. nilai pengetahuan siswa dengan memberikan masalah baru untiuk dipecahkan
B. Media berbasis cetakan
Materi pembelajaran berbasis cetakan yang paling umum di kenal adalah buku teks ,jurnal,majalah dll.perancang pembelajaran harus berupaya untuk membuat materi dengan media yang berbasis teks ini menjadi interaktif . adapun petunjuk menyiapkan media berbasis teks yang interaktif adalah sbb.;
1. sajikan infofmasi dalam jumlah yang selayaknya dapat dicerna ,diprosese dan dikuasai . informasi dibagi kedalam kelompok –kelompok terkecil yang logis kira-kira 3sampai 7 butir /kelompok. Semakin kompleks informasi itu , semakin sedikit jumlah butir yang ditampilkan dalam sekali penyajian.
2. pertimbangkan hasil pengamatan dan analisis kebutuhan siswa dan siapkan latihan yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.
3. pertimbangkan hasil analisis respons siswa bagaimana siswa mdenjawab pertanyaan atau mengerjakan latihan memberikan kesempatan untuk latihan tambahan ,menyiapkan contoh –contoh atau menyarankan bacaan tambahan.
4. siapkan kesempatan bagi siswa untuk dapat belajar sesuai kemampuan dan kecepatan mereka ;keberhasilan penyajian materi dengan media berbasis teks sangat ditetukan oleh kesempatan siswa belajar berdasarkan kemampuannya.
5. gunakan beragam jenis latihan dan efaluasi seperti main peran, stady kasus berlomba atau simulasi.
Untuk menarik perhatian pada media ini adalah dengan warna, kotak , huruf ,garis, huruf dicetak tebal , dicetak miring dan sebagainya.
C. Media berbasis visual
Agar menjadi afektif Media berbasis visual (perumpamaan ) sebaiknya ditempatkan pada konteks yang bermakna dan siswa harus berinteraksi dengan visual itu untuk meyakinkan terjadinya proses informasi .ada beberapa prinsip umum yang perlu untuk penggunaan afektif media ini yaitu;
v Usahakan visual itu sesederhana mungkin dengan menggunakan gambar garis, karton, bagan, dan diagram.
v Visual digunakan untuk penekanan informasi sasaran.
v Ulangi sajian visual dan libatkan siswa untuk meningkatkan daya ingat.sehingga untuk visual yang komplek siswa perlu diminta untuk mengamatinya dan mengungkapakan sesuatu mengenai visual tersebut
v Warna harus digunakan secara realistis.
v Tekankan kejelasan dan ketepatan dalam semua visual.
D. Media berbasis audio – visual
Media visual yang mengabungkan penggunaan suara memerlukan pekerjaan tambahan untuk memproduksinya yakni, penulisan naskah (yang menjadi bahan narasi ) dan story board.
Berikut beberapa petunjuk praktis untuk menulis naskah narasi
§ Tulis singkat ,padat dan sederhana
§ Tulislah dalam kalimat aktif
§ Usahakan setiap kalaimat tidak lebih dari 15 kata
§ Setelah menulis narasi ,baca narasi itu dengan suara keras
§ Edit dan revisi naskah narasi itu sebagai mana perlunya
Story board dengan memperhatikan beberapa petunjuk di bawah ini,
· Menentukan jenis visual yang akan digunakan dan mulai membuat sketsanya
· Pikirkan bagian yang akan di perankan audio dalam paket program
· Lihat dan yakinkan bahwa seluruh isi pelajaran tercakup dalam story board
· Revisi untuk persiapan ahir sebelum memulai produksi .
E. Media berbasis computer
Penggunaan computer sebagai media pembelajaran secara umum mengikuti proses intruksional sbb.,
Merencanakan mengatur dan mengorganisasikan,dan menjadwalkan pelajaran
Mengevaluasi siswa (tes )
Mengumpulkan data mengenai siswa
Melakukan analisis statistic mengenai data pembelajaran
Membuat catatan perkembangan pembelajaran
F. Pemanfaatan Perpustakaan sebagai sumber belajar
Pemamfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar secara efektif memerlukan keterampilan sebagai berikut (Achsin, 1986);
Ø Keterampilan mengumpulkan informasi ,yang meliputi keterampilan (a) mengenal sumberinformasi dan pengetahuan (b) menentukan lokasi sumber informasi berdasarkan system klasifikasi perpustakaan , cara menggunakan catalog dam indeks,(c)menggunakan bahasa pustaka baru, bahanrefrensi seperti ensinklopedia ,kamus ,dll.
Ø Keterampilan mengambil intisari dan mengorganisasikan informasi ,seperti (a) memilih informasi yang relevan dengan kebutuhan dan masalah dan (b) mendokumentasikan informasi dan sumbernya .
Ø Keterampilan mengabnalisis ,menginterpretasikan dan mengevaluasi informasi seperti,(a) memehami bahan yang dibaca (b) membedakan antara fakta dan opini (c)menginterpretasi informasi baik yang saling mendukung maupun yang berlawanan.
Ø Keterampilan menggunakan informasi ,(a)memamfaatkan intisari informasi untuk mengambil keputusan dan memecahkan masalah (b)menggunakan informasi dalam diskusi (c)menyajikan informasi dalam bentuk tulisan.
VI
III. PENGEMBANGAN MEDIA
A. Media berbasis visual
Dalam proses penataan media harus diprehatikan prinsip-prinsip desain tertentu antara lain;
Þ Kesedehanaan : secara umum kesederhanaan itu mengacu kepada jumlah elemen yang terkandung dalam suatu visual ,jumlah elemen yang lebih sedikit memudahkan siswa menangkap dan memahami pesan yang disajikan visual itu. Pesan informasi yang panjang atau rumit harus dibagi- bagi kedalam beberapa bahan visual yang mudah dibaca, begitu juga teks yang menyertai bahan visual harus dibatasi antara 15 sampai 20 kata .
Þ Keterpaduan :keterpaduan mengacu kepada hubungan yang terdapat diantara elemen –elemen ketika diamati berfungsi secara bersama-sama saling terkait dan menyatu sebagai suatu keseluruhan.
Þ Penekanan :dengan menggunakan ukuran hubungan –hubungan ,warna atau ruang penekanan dapat diberikan kepada unsure terpenting.
Þ Bentuk :bentuk yang aneh dan asing bagi siswa dapat membangkitkan minat perhatian .
Þ Garis :digunakan untuk menghubungkan unsure-unsur sehingga dapat menunutun perhatian siswa untuk mempelajari sutu urutan –urutan husus .
B. Media berbasis audio – visual
Media audio dan audio visual merupakan bentuk media pembelajaran yang murah dan terjangkau menarik dan memotifasi siswa untuk mempelajari materi lebih banyak materi audio dapat digunakan untuk ;
v Mengembangkan keterampilan mendengar dan mengefaluasi apa yang telah di dengar ;
v Mengatur dan mempersiapkan diskusi dengan mengungkapkan pendapat para ahli yang berada jauh dari lokasi
v Menjadikan model yang akan ditiru oleh siswa
v Menyiapkan variasi yang menarik dan perubahan –perubahan tingkat kecepatan belajar mengenai suatu pokok bahasan atau suatu masalah
C. Media berbasis computer
Penggunaan computer sebagai media pembelajaran dikenal dengan nama pembelajaran dengan bantuan computer .
§ Tutorial :meniru system tutor , Informasi atau pesan berupa suatu konsep disajikan dilayar computer dengan teks , gambar pada saat yang tepat siwa diperkirakan telah membaca dan menginterpretasi kosepitu suatu pernyataan ataun soal yang di ajukan .
D. Multi Media Berbasis Komputer dan interactive video
Arti multi media pada umumnya adalah berbgai macam kombinasi grafik ,teks, video, dan animasi penggabungan inin merupakan seatu kesatuan yang secara bersama-sama menampilkan informasi pesan atau isi pelajaran .
Informasi yambg disajikan melaui multi media ini berbentuk dokumen yang hidup dapat dilihat di dokumen monitor atau ketika diproyeksikan dilayar lebar melalui overhead projector dan dapat didengar suranya dilahat gerakannya (vidioatau animasi ).
Multimedia berbasis computer inin sangat menjanjikan untuk penggunaanya dalam bidang pendidikan .
VII
VII EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN
Evaluasi merupakan bagian integral dari suatu proses intruksional .idealny pelaksanaan proses intruksiona diukur darri dua aspek
1. bukti empiris mengenai hasil belajar siswa yang dihasilkan system intruksional
2. bukti yang menunjukkan berapa banyak sumbangan medi atau media pgogram terhadap keberhasilan dan keefektifan proses intruksional .
Tujuan evaluasi pembelajaran
a. menentukan apakah media pembelajaran itu efektif
b. menetukan apakah media pembelajaran itu dapat di perbaiki atau di tingkatkan
c. menetapkan apkah media itu cost effective dilihat dari hasil belajar siswa
d. memilih media pembelajaran yang sesuai untuk dipergunakan dalam proses belajar didalam kelas
e. menetukan apakah
f. menilai kemampuan guru menggunakan media pembelajaran
g. mengetahui apakah media pembelajaran itu benar- benar memberi sumbangan terhadap hasil belajar seperti yang dinyatakan
h. mengetahui sikap siswa terhadap media pembelajaran .
trima kasih infonya....
BalasHapus